Eco school

Print
Category: Uncategorised
Published Date
Written by Super User Hits: 3487

Kegiatan-Kegiatan Eco School yang ada di SMAN 21 Surabaya :

SMAN 21 Siap Songsong Surabaya Eco Scchool 2012

Setelah sukses mendapat peringkat kedua Surabaya Eco School 2011 tingkat SMA/SMK, SMAN 21 bersiap dengan program lingkungan hidup yang akan dijalankan di Surabaya Eco School 2012. Program yang mereka jalankan sebagian merupakan kelanjutan dari program yang lama. Informasi ini disampaikan oleh Husnul Muchtarijah, guru SMAN 21 Surabaya peraih Eco Teacher (senior) of the Year 2011, saat pembinaan Surabaya Eco School 2012. 

Read More : SMAN 21 Siap Songsong Surabaya Eco School 2012

 SMAN 21 Surabaya Terlibat Kemitraan dengan Sekolah Jepang

SMAN 21 Surabaya mulai menjalin komunikasi dengan Nagasaki Odo Elementary School Jepang, sekolah mitra mereka dari Jepang dalam program International Intercultural Mural Exchange for Environment (IIME) 2012. 

Program IIME 2012 ini bertujuan untuk memperkenalkan tentang kondisi lingkungan hidup dan budaya antar kedua negara melalui kerjasama dua sekolah dari dua negara. Tunas Hijau menjadi koordinator Indonesia pada program ini.

Read More : SMAN 21 Surabaya Terlibat Kemitraan Dengan Sekolah Jepang

Kepala SMA/SMK Terbaik Energy Challenge 2012

 Puncak Penganugerahan Energy Challenge  2012 yang digelar di Bappeko Surabaya, Sabtu (5/5), menjadi momen berharga bagi SMA Negeri 21 Surabaya.

Tidak hanya penghargaan level Perak yang didapat sekolah yang berlokasi di Jl. Argopuro Surabaya ini. Kepala SMA Negeri 21 Siti Laila juga mendapat penghargaan sebagai Kepala SMA/SMK Terbaik Energy Challenge 2012.

Read More: Ibu Dra. Hj. Siti Laila, M. Pd, Kepala SMA/SMK Terbaik Energy Challenge 2012

 

 

Masing-Masing Kelas Tampilkan Yel-Yel Super Heboh Energy Challenge SMAN 21 Surabaya

Penyelenggaraan Super Heboh Energy Challenge SMA Negeri 21 Surabaya, Selasa (1/5) pagi, di lapangan upacara benar-benar heboh. Semua siswa kelas X dan XI turut serta. Mereka berhimpun bersama seluruh siswa di kelasnya. Yel-yel lingkungan hidup dengan gerak tubuh dan iringan musik dari alat musik yang merupakan sampah non organik yang menghasilkan suara.

Drama, pantun dan ceramah agama dengan tema penghematan energi juga ditampilkan pada penampilan masing-masing kelas dipadu dengan yel-yel lingkungan hidup. “Sik asik, sik asik jaga lingkungan...

Read More : Masing-Masing Kelas Tampilkan Yel-Yel Super Heboh Energy Challenge SMAN 21

Kampanye Simpatik Penghematan Energi SMAN 21 Di Jalan

Sejumlah 20 siswa dan 6 guru SMA Negeri 21 Surabaya yang tergabung dalam tim Energy Challenge, menggelar aksi simpatik hemat energi di perempatan jalan Arjuno Surabaya, Jum’at (13/4). Tepat di traffic light, mereka membentang poster dan mural yang terbuat dari sampah non organik dan berisi pesan-pesan penghematan energi untuk menyelamatkan bumi. Beberapa siswa juga membagikan selebaran ajakan hemat energi disertai bunga daur ulang kepada para pengguna jalan.

 

 

Read More : Kampanye Simpatik Penghematan Energi SMAN 21 Di Jalan

SMAN 21 Perbanyak Poster dan Mural Hemat Energi

Genderang penghematan energi semakin keras ditabuh SMAN 21. Terlebih setelah mereka berhasil lolos untuk tingkat perak gerakan penghematan energi secara terukur – Energy Challenge – yang diselenggarakan oleh Tunas Hijau bersama pemerintah Amerika Serikat dan pemerintah kota Surabaya dengan dukungan PT. SIER. 

Program terbaru yang mereka lakukan adalah pembuatan poster-poster dan mural hemat energi di sekolah mereka, Kamis (12/4). Uniknya, media yang digunakan untuk membuat poster dan mural ini tergolong tidak lazim. Bukan lagi kertas gambar untuk pembuatan poster. Bukan pula kain atau kanvas untuk pembuatan mural. Media yang digunakan untuk pempuatan poster adalah kardus bekas.

Read More : SMAN 21 Perbanyak Poster dan Mural Hemat Energi

SMA Negeri 21 Kembangkan Ecopreneur Melalui Urban Farming

Urban farming atau yang biasa dikenal dengan pertanian perkotaan merupakan hal yang sudah cukup sering dilakukan di tiap sekolah di Surabaya. Namun, sampai saat ini, urban farming tersebut hanya sebatas untuk pembelajaran sehingga terkesan ala kadarnya. Seandainya bisa dikelola dengan baik, urban farming tersebut dapat pula menjadi wadah melatih jiwa kewirausahaan bagi para siswa. Hal ini yang dijelaskan oleh Tunas Hijau saat pelatihan urban farming di SMAN 21 Surabaya, Kamis (8/3).

Disampaikan oleh Sugeng, aktivis senior Tunas Hijau, pelatihan..

Read More : SMA Negeri 21 Kembangkan Ecopreneur Melalui Urban Farming

Roadshow Energy Challenge di SMAN 21 Bersama Kedubes Amerika Serikat

Roadshow Energy Challenge kali pertama diselenggarakan Tunas Hijau di SMA Negeri 21 Surabaya, Jumat (27/1). Melalui roadshow di sekolah yang mengikuti Workshop Energy Challenge hari ketiga ini bisa diketahui bahwa upaya penghematan energi telah nyata dilakukan. Tepatnya sehari setelah pelaksanaan workshop hari ketiga.

“Alhamdulillah, sehari setelah mengikuti Workshop Energy Challenge di Graha Sawunggaling, SMA Negeri 21 Surabaya langsung membuat aksi nyata. Diantaranya dengan memasang pesan penghematan energi di setiap ruangan yang ada di sekolah,” ujar Kepala SMAN 21 Siti Laila kepada Tunas Hijau...

 

 

Read More : Roadshow Energy Challenge di SMAN 21 Bersama Kedubes Amerika Serikat

Kolam Budidaya Ikan Terpadu Dengan Green House di SMAN 21

Sarana pendukung lingkungan hidup di SMA Negeri 21, diantara 20 SMA/SMK terbaik Surabaya Eco School segera bertambah. Sarana itu adalah green house (rumah tanaman) yang dipadu dengan kolam ikan. Tempatnya di samping lapangan sekolah, di atas bekas lahan wall climbing

Pengerjaan green house dan kolam ikan itu nampak saat Tunas Hijau melakukan pemantauan dan pembinaan lingkungan hidup Surabaya Eco School di sekolah yang beralamat di Jl. Argopuro Surabaya ini, Selasa (29/11). Kepada Tunas Hijau, Kepala SMA Negeri 21 Siti Laila menyampaikan bahwa green house...

Read More : Kolam Budidaya Ikan Terpadu Dengan Green House di SMAN 21

ANTUSIASME SISWA SD BERBAGI DENGAN SISWA SMA

Surabaya,Saat ini masalah lingkungan hidup perlu mendapatkan perhatian seperti pemanasan global, Illegal Loging, kerusakan hutan, polusi/pencemaran lingkungan dan masih banyak lagi. Itulah pentingnya sejak dini ditanamkan kepada siswa SD untuk lebih mengenal dan peduli terhadap lingkungan sekitarnya. Jumat (25/11/11). tepat pukul 10:00 WIB Kader Lingkungan Hidup SMA Negeri 21 bersama-sama Kader Lingkungan Hidup

Read More : Antusiasme Siswa SD Berbagi Dengan Siswa SMA

KERJA BAKTI BERSAMA WARGA

Kerja bakti bersih-bersih sampah yang digagas oleh SMAN 21 bersama masyarakat sekitar sekolah dalam program Surabaya Eco School.
Surabaya Eco School 2011 adalah program lingkungan hidup berkelanjutan untuk sekolah-sekolah di Surabaya. Program yang memadukan kompetisi, pembinaan dan pemantauan ini diselenggarakan oleh pemerintah kota Surabaya dan Tunas Hijau. Surabaya Eco School didukung oleh PT. Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk, PDAM Surabaya, ASUS, PPS Teflon Paint Protection, PT. Dharma Lautan Utama dan Perum Jasa Tirta I.

Read More : Kerja Bakti Bersama Warga

PEMANTAUAN ECO SCHOOL

Surabaya Eco School 2011 adalah program lingkungan hidup berkelanjutan untuk sekolah-sekolah di Surabaya. Program yang memadukan kompetisi, pembinaan dan pemantauan ini diselenggarakan oleh pemerintah kota Surabaya dan Tunas Hijau. Surabaya Eco School didukung oleh PT. Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk, PDAM Surabaya, ASUS, PT. Dharma Lautan Utama dan Perum Jasa Tirta I.

Salah satu program unggulan,IPAL (inovasi Pengolahan Air Limbah) bertujuan sebagai miniatur contoh pengolahan air limbah

Read More : Pemantauan Eco School

WORLD MONITORING DAY

Surabaya, Jum’at (25/11) Peserta Workshop Surabaya Eco School ke-2 di gedung Bapeko (Badan Perencanaan Kota) yang diikuti SMA/SMK yang termasuk dalam 20 besar program Surabaya Eco School kali ini lebih istimewa, karena peserta, baik siswa maupun guru diajak untuk praktek langsung dilapangan yang dipandu langsung oleh Bram Azzaino dari Tunas Hijau .

Read More : World Monitoring Day

 ECO HEAD MASTER

Dari satu sekolah ke sekolah lainnya yang pernah menjadi tempat tugasnya, Kepala SMA Negeri 21 Surabaya Siti Laila ini senantiasa memberikan motivasi dan contoh untuk mewujudkan pentingnya lingkungan hidup di sekolah.”Ini merupakan prinsip yang saya terapkan,”ujar Siti Laila yang tergolong masih baru menjabat sebagai kepala sekolah di SMA Negeri 21 ini.

Read More : Eco Headmaster

LAUNCHING KADER LINGKUNGAN HIDUP

 

Senin, 10 Oktober 2011. Seperti biasa, setiap 2 minggu sekali di SMAN 21 Surabaya selalu diadakan upacara bendera. Dalam upacara itu, biasanya juga diumumkan kejuaraan / prestasi yang diraih oleh teman-teman sekalian.  Tepat pada hari ini, kegiatan lingkungan hidup berdasar program Eco School di SMAN 21 akan dikukuhkan / diresmikan. Dalam program Lingkungan Hidup terbagi menjadi 6 divisi, yaitu :

Read More : Launching Kader Lingkungan Hidup

 TAHAN SAMPAH DAN IPAL

Foto dibawah menggambarkan tentang penyerahan secara simbolis bak sampah dari Ketua Umum Osis dan Ketua Umum Kader Lingkungan Hidup kepada Ibu Kepala Sekolah. Penyerahan diatas berkaitan dengan program kerja kader lingkungan hidup, Tahan Sampah. Program ini memilah sampah menjadi 2 jenis, yaitu sampah kering dan sampah basah. Yang bertujuan untuk memanfaatkan sampah plastik, didaur ulang dan bisa dijual kembali sebagai barang kerajinan tangan. Dengan program tahan sampah ini, maka seluruh kelas diwajibkan mempunyai 2 bak sampah. Pembelian bak sampah itu berasal dari partisipasi siswa di tiap kelas kelasnya.

Read More : Tahan Sampah dan IPAL

PENGUKUHAN KADER LINGKUNGAN

Senin, 10 Oktober 2011. Program Lingkungan Hidup SMAN 21 akan diresmikan secara simbolis oleh Ibu Kepala Sekolah Dra. Hja. Siti Laila M. Pd. Namun sebelumnya, dilakukan penyerahan trophy penghargaan ‘The Best School’ dari perwakilan kader lingkungan dan pembina lingkungan hidup kepada Kepala Sekolah. Trophy ini didapat ketika para kader tersebut mengikuti lomba Eco School sebagai perwakilan sekolah.

Yel-yel Lingkungan Hidup

Read More : Pengukuhan Kader Lingkungan Hidup

 PEMBINAAN ECO SCHOOL

Kader Lingkungan Hidup SMAN 21 berkumpul di dalam musholla untuk menerima pengarahan dari tim Eco School. Tim-tim ini berasal dari siswa-siswi kelas 10 dan 11, yang setiap kelasnya wajib mempunyai perwakilan. Tim Eco School menyampaikan gambaran tentang pengelolaan kebersihan sekolah, seperti pengelolaan sampah atau air limbah.

Presentasi Kader Inti Lingkungan Hidup

Read More : Pembinaan Eco School